Manajemen Sistem Informasi

Perbedaan yang paling ketara antara perangkat input dan output adalah pada fungsinya dan kegunaanya. Perangkat input digunakan untuk memasukkan data atau informasi ke dalam sistem atau program komputer, sedangkan perangkat output digunakan untuk menampilkan hasil dari proses yang telah dilakukan oleh sistem atau program komputer .

Dengan berkembangnya teknologi hari ini,dan semua hal sudah bergantung pada teknologi, termasuk dalam usaha. Dalam usaha, sistem informasi manajemen adalah salah satu penerapan teknologi dalam usaha bisnis.
Sistem informasi manajemen dibutuhkan untuk membantu bisnis berjalan dengan baik. Hal ini akan akan membantu bisnis untuk mengontrol dan mengurus informasi dengan baik dan tertata.

Sistem informasi manajemen adalah suatu sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal dalam bisnis yang meliputi dokumen, manusia, teknologi, dan prosedur dalam akuntansi manajemen. Dikutip dari buku Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia, sistem informasi manajemen adalah kumpulan dari sistem manajemen atau sistem yang menyediakan informasi yang bertujuan untuk mendukung operasional manajemen dan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi

Sistem informasi manajemen memiliki sejumlah fungsi yang akan berdampak baik terhadap operasional suatu perusahaan. Dikutip dari buku, Pengantar Sistem Informasi Manajemen karya Jeperson Hutahaean, dkk, berikut adalah beberapa fungsinya:

Memudahkan bagian manajemen melakukan perencanaan, pengawasan, serta pengarahan kerja bagi semua departemen yang dikoordinirnya.
Meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengolahan data, karena data yang adalah dalam sistem informasi suatu manajemen adalah data yang telah tersaji secara akurat dan bersifat real time.
Meminimalisasi biaya dan meningkatkan produktivitas suatu perusahaan atau organisasi.
Sebagai sarana peningkatan sumber daya manusia, karena dalam pelaksanaannya diperlukan unit kerja yang terstruktur dan terkoordinir yang berbasis teknologi.




Komentar

Postingan Populer